5 Hal yang Memotivasi Selama Perjalanan ke Kantor

2 years ago / 685 Views

Jika Anda menggunakan transportasi umum untuk pulang pergi kerja, Anda mungkin merasa ketagihan menggunakannya. Dengan kemacetan kota Jakarta dan sekitarnya yang sering terjadi di Indonesia, tentu menggunakan transportasi umum sangatlah menguntungkan. Kenapa? Karena Anda tidak perlu mengemudi dan stres menghadapi kemacetan yang luar biasa.

Apapun transportasi Anda, pasti ada kekurangannya juga, seperti transportasi umum, Anda harus mengantri lebih awal untuk mendapatkan tempat duduk, atau rela berdesak-desakan dengan orang lain. Tapi, tenang di balik kekurangan pasti ada juga kelebihannya. Dan itulah yang harus Anda fokuskan.

Dari pada mengeluh ataupun bosan karena macet yang membuat awal atau akhir hari Anda tidak menyenangkan sehingga kerja jadi tidak produktif, lebih baik Anda pertimbangkan 6 ide di bawah ini agar membantu pagi atau malam Anda setidaknya sedikit lebih baik.

Mendengarkan sesuatu yang menginspirasi

(sumber: stocksy.com)

Entah Anda penggemar podcast, pecinta buku audio, atau pendengar radio sejati, dengarkan sesuatu yang membuat Anda bahagia untuk suasana hati yang positif saat Anda tiba di kantor.

Tergantung pada industri dan posisi Anda, Anda mungkin bahkan bisa mendengarkan sumber inspirasi untuk karya kreatif Anda. Tapi, jika itu tidak menggambarkan Anda, tidak apa-apa. Perjalanan yang menyenangkan akan membuat Anda siap menghadapi hari Anda, dan itu pasti akan menghasilkan hari yang produktif.

Membuat draft email

 (sumber: gettyimages.com)

Jika Anda tidak suka mengirim email dari handphone Anda, Anda dapat membuat draft terlebih dahulu atau beberapa kalimat poin-poin yang dapat Anda tindak lanjuti nantinya secara lengkap. Sehingga saat sampai di tempat kerja, Anda bisa langsung membuka laptop atau komputer Anda dan melanjutkan ataupun langsung mengirimkan email tersebut.

Artinya, ketika perjalanan Anda terasa mulai membosankan dan membuat Anda merasa lelah, Anda perlu mengisi waktu tersebut dengan sesuatu yang produktif. Jadi, Anda bisa mulai menyusun pesan panjang selama perjalanan dan mengirimnya nanti supaya lebih efektif.

Ingat-ingat prestasi yang telah Anda raih

(sumber: amny.com)

Anda tahu rasa kemenangan kecil-kecilan yang membuat hati merasa senang dan bangga? Ya, kemenangan atau prestasi dapat dimulai dari hal-hal kecil yang Anda lakukan sehari-hari. Contohnya ketika Anda berhasil beranjak dari tempat tidur, dan pergi mandi untuk siap-siap pergi kerja, itu sudah merupakan sebuah prestasi Anda untuk bisa bangun pagi, karena tentu bangun pagi bukanlah hal yang mudah untuk banyak orang.

Selama perjalanan adalah waktu yang paling tepat untuk mengambil pulpen dan secarik kertas atau bahkan telapak tangan Anda, kemudian menuliskan kemenangan apa saja yang sudah Anda raih mulai dari hal kecil yang tampaknya tidak penting hingga prestasi yang besar. Jika Anda tidak bisa menuliskannya, Anda bisa memikirkannya dulu dan membuat catatan mental atas apa yang Anda raih. Kemudian, segera menuliskannya saat tiba di kantor sebagai penambah semangat serta motivasi Anda.

Perbaiki daftar tugas Anda

(sumber: kinowear.com)

Gunakan waktu ini untuk mengevaluasi tugas Anda hari ini atau besok hari. Apa yang harus Anda prioritaskan? Apa yang perlu diperhatiankan? Apa yang bisa menunggu? Anda tidak perlu mencurahkan energi dan pikiran Anda sepenuhnya ketika memulai hari Anda. Anda dapat menghemat waktu dan stres karena Anda tahu apa yang sudah menanti dan Anda bisa lebih fokus kapan waktu yang tepat untuk mulai mengerjakannya. Jadi, lebih teratur, kan?

Khawatir

(sumber: shutterstock.com)

Ya, khawatir. Itu bukan salah ketik. Anda membacanya dengan benar. Jika Anda merasa stres atau cemas dengan pekerjaan yang ada di depan, gunakan waktu ini, kira-kira enam menit, untuk mengisi pikiran Anda dengan rasa khawatir. Sehingga Anda bisa mengerjakan tugas Anda dengan lebih cepat dan bertujuan. Sadar atau tidak, rasa khawatir inilah yang memotivasi Anda dan sebagai pemicu untuk bekerja lebih rajin lagi.

Jadi, pulang pergi menggunakan transportasi umum tidak seburuk itu, kok. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan selama perjalanan agar membuat suasana hati Anda berseri-seri agar lebih produktif dan entusias saat bekerja.

Latest News