Hari Pahlawan Menurut Generasi Millenial

2 years ago / 1197 Views

Masih ingatkah Anda dengan Hari Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 10 November? Banyak yang lupa, banyak juga yang ingat. Lagi-lagi perkembangan teknologi yang sangat berdampak besar pada generasi millenial diasumsikan sebagai penyebab utama hari nasional ini terlupakan begitu saja oleh mereka.

Upacara adalah suatu hal yang wajib dilakukan untuk memperingati Hari Pahlawan. Tentu kita semua pernah mengalami yang namanya tradisi upacara di sekolah saat hari nasional seperti Hari Pahlawan ini, baik generasi millenial maupun generasi-generasi lainnya. Semakin bertambah generasi, rasanya upacara tersebut menjadi hanya sekedar formalitas semata. Menurut penelitian, generasi millenial adalah generasi yang bebas dan sulit untuk diatur karena pemikiran mereka cenderung terpaku pada teknologi, salah satunya yang paling signifikan adalah smartphone. Saking banyaknya hal yang bisa mereka lakukan dengan teknologi tersebut, mereka jadi terlepas dari dunia luar dan terjebak di dalam dunia smartphone itu sendiri, sehingga mereka malas untuk melakukan upacara atau hal-hal tradisi yang mereka anggap adalah suatu hal yang ‘kuno’.

Menurut para millenial, mereka sangat suka dengan hal yang berbau teknologi dan ‘kekinian’. Mereka menginginkan hal-hal inovasi baru yang menarik perhatian mereka, sehingga mereka pun ikut bersemangat melakukannya, tanpa paksaan dan bukan sekedar formalitas semata.

Jika berbicara soal semangat nasionalisme para generasi millenial, seperti yang dibahas pada artikel Hari Sumpah Pemuda, Bangkitkan Semangat Generasi Muda, sesungguhnya memang mereka tidak kehilangan jati diri dan rasa nasionalisme sebagai bangsa Indonesia, mereka hanya memiliki cara yang lebih modern dan berbeda untuk menunjukkannya. Semoga di Hari Pahlawan sekarang ini dan selanjutnya, generasi millenial bisa lebih menunjukkan apresiasinya dengan cara-cara yang lebih inovatif, seperti fashion show dengan tema pahlawan, cosplay para pahlawan, ajang kuis atau debat bertemakan pengetahuan tentang pahlawan, atau apa pun yang bertema pahlawan. Toh, tujuan diadakannya Hari Pahlawan ini adalah sebagai sebuah apresiasi dan pengingat agar kita tidak lupa dengan jasa-jasa para pahlawan yang telah membela tanah air kita bersama, Indonesia.

Latest News