Hari Kesehatan Nasional: Cara Seru Olahraga Bersama Keluarga

2 years ago / 531 Views

Selain Hari Ayah Nasional, tanggal 12 November juga merupakan Hari Kesehatan Nasional yang diperingati setiap tahunnya. Di tahun 2017 ini merupakan Hari Kesehatan Nasional yang ke-53 dengan tema “Sehat Keluargaku, Sehat Indonesiaku.” Sehat adalah hak setiap orang, termasuk Anda dan keluarga tercinta Anda. Dengan sehatnya keluarga-keluarga di Indonesia, maka terciptalah pula lingkungan yang sehat di tanah air kita sendiri.

Jangankan memotivasi keluarga untuk berolahraga, terkadang memotivasi diri sendiri saja sulit. Ya, hal tersebut pasti sering sekali Anda alami, bukan? Padatnya aktivitas memang menjadi hambatan sulit sehingga timbulah rasa malas yang membuat Anda hanya ingin beristirahat di waktu senggang atau akhir pekan.

Tapi, jangan biarkan kepadatan aktivitas tersebut membuat kesehatan dan waktu kebersamaan Anda bersama keluarga malah berkurang. Untuk melawan rasa malas tersebut, ikuti cara berikut ini agar olahraga bersama keluarga jadi lebih seru dan mengasyikan!

Crank up the music, and dance!

(sumber: stocksy.com)

Hidupi suasana ruang tamu Anda dengan musik beat seru, canda dan tawa, serta keringat. Hilangkan stres dan penat hanya dengan menggerakan seluruh tubuh Anda dan menari sesuka hati bersama keluarga tercinta Anda. Ciptakan momen seru bersama keluarga menjadi lebih produktif dan berkualitas. Bukan hanya tubuh yang sehat, tetapi juga untuk hubungan yang lebih harmonis bersama keluarga Anda, sehingga menimbulkan energi positif dirumah Anda.

Buat pekerjaan rumah menjadi kompetisi seru

(sumber: stocksy.com)

Mengadakan permainan dalam bentuk kompetisi ini biasanya menjadi favorit para anak-anak. Anda bisa mengajak si kecil untuk membantu Anda dan memberikan hadiah untuk pemenangnya. Ajak si kecil bermain kapten-kaptenan di kamarnya kemudian tentukan misinya, seperti selamatnya boneka beruangnya yang berada di lantai untuk diletakkan di kotak bonekanya dengan rapih atau dengan membantu melipat baju, pasti mereka akan menyambutnya dengan semangat karena anak kecil suka dengan suatu hal yang berbau petualangan.

Buat hal kecil menjadi suatu olahraga

(sumber: stocksy.com)

Terkadang kita memang sudah terbiasa dengan hidup instan yang segalanya serba mudah dan tidak melelahkan. Ubah salah satu kebiasaan keluarga Anda menjadi suatu pengalaman baru yang menyenangkan. Misalnya, ketika Anda sekeluarga akan makan malam di suatu restoran yang tidak begitu jauh dari rumah Anda, biasakan untuk jalan kaki dan tidak menggunakan kendaraan. Atau mungkin ketika sedang di supermarket atau suatu tempat yang menggunakan escalator/lift, coba gunakan tangga agar seluruh tubuh bergerak. Melakukannya bersama-sama tentu akan lebih seru dan menyenangkan, bukan?

Iklan = olahraga

(sumber: stocksy.com)

Siapa bilang Anda tidak bisa berolahraga sambil bermalas-malasan? Akhir pekan memang enaknya bermalas-malasan di sofa sambil nonton acara-acara seru di TV bersama keluarga. Tapi tenang saja, Anda bisa kok melakukan keduanya dalam hal yang bersamaan dengan berolahraga. Coba lakukan bersama keluarga Anda ketika menonoton TV, setiap ada bagian iklan, Anda harus berolahraga push up, squad jump, burpee, atau olahraga lainnya. Seru, bukan?

Jalan-jalan bersama anjing

(sumber: stocksy.com)

Anjing juga merupakan bagian dari keluarga. Ajak anggota keluarga Anda lainnya dan lakukan jalan-jalan bahkan lari-lari seru bersama anjing kesayangan keluarga Anda. Menurut penelitian baru dari Asosiasi Amerika Utara, orang yang memiliki anjing sebagai peliharaan mereka akan lebih mudah untuk menurunkan berat badan dan mampu mempertahankannya lebih lama daripada orang yang tidak memiliki anjing. Cukup menjawab pertanyaan, bukan?

Tunggu apa lagi? Buat olahraga Anda menjadi lebih seru bersama keluarga agar kesehatan tetap terjaga. Ayo luangkan waktu demi kesehatan Anda dan kita bersama. Selamat Hari Kesehatan Nasional!

Latest News