Hari Ayah Nasional: Peran Ayah Dalam Keluarga

2 years ago / 3178 Views

Tidak hanya Hari Ibu atau Hari Anak yang diperingati di seluruh dunia, Hari Ayah pun turut diperingati di seluruh dunia dengan tanggal yang berbeda-beda, termasuk di Indonesia setiap tanggal 12 November. Sosok ayah merupakan salah satu pondasi kuat dalam suatu keluarga. Pernahkah Anda mendengar Hari Ayah Nasional sebelumnya?

Uniknya, perayaan Hari Ayah Nasional ini bukan diciptakan oleh para pria atau pun ayah, tetapi oleh para ibu yang tergabung dalam Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP) pada 12 November 2006.

Sosok seorang ayah memang tidak akan lengkap dan sempurna tanpa adanya peran seorang ibu. Peran seorang ibu memang terlihat sebagai peran yang paling kuat dan lebih berat daripada peran seorang ayah karena ibu yang berjuang melahirkan anak-anaknya. Tetapi sesungguhnya, keduanya tak bisa dipisahkan karena keduanya sama pentingnya dalam suatu keluarga. Kita tidak bisa membandingkan kedua peran tersebut karena tentu keduanya memiliki peran dan tugasnya sendiri.

Lalu, apa saja sih peran sosok seorang ayah dalam keluarga bagi istri dan anak-anaknya?

Pemimpin

 

(sumber: stocksy.com)

Ingatkah Anda dengan sebuah pepatah mengatakan bahwa ayah adalah nahkoda dari keluarganya? Yup, seorang ayah memang seorang penentu yang akan membawa keluarganya ke mana mereka akan berlayar. Sosok ayah yang baik menjadi orang yang akan memberikan keluarganya arah dan tujuan ke segala hal yang terbaik untuk keluarganya.

Bagi anak-anaknya, orang tua adalah sebuah contoh bagi mereka. Maka, jika ayah dan ibu memberikan contoh yang buruk pada anak-anaknya, maka otomatis anak-anaknya akan mengikutinya dan terbentuk seperti ajaran serta perilaku mereka. Nah, di sinilah peran ayah sebagai nahkoda yang harus mendidik anak-anaknya lebih disiplin lagi agar bisa menjadi anak yang baik lagi.

Penyedia segala kebutuhan

(sumber: stocksy.com)

Ayah adalah sebagai pencari nafkah dan pemenuh kebutuhan bagi istri dan anak-anaknya. Jika sosok ibu sebagai orang yang melahirkan dan merawat anak-anaknya, seorang ayah harus bekerja keras demi memenuhi kebutuhan hidup keluarganya, terutama dalam kebutuhan primer serta pendidikan untuk anak-anaknya.

Tidak hanya secara materi, seorang ayah juga harus memenuhi kebutuhan secara emosional dan spiritual. Kasih sayang dan perhatian juga merupakan sebuah kebutuhan bagi suatu keluarga. Tanpa adanya kasih sayang maupun perhatian, sebuah keluarga tentu akan terasa sangat hampa dan bahkan hancur karena tidak terpenuhinya kebutuhan secara emosional. Begitu juga dengan terpenuhinya kebutuhan spiritual yang dipercaya mengajarkan ajaran yang baik, maka keluarga akan menjadi lebih harmonis dan kokoh. Oleh karena itu, jadilah ayah yang bertanggung jawab.

Pelindung

(sumber: stocksy.com)

Sebagai ayah, melindungi keluarganya juga merupakan suatu kewajiban yang harus dilaksanakan. Bukan hanya sebagai pemimpin yang memberi arah dan keputusan, tetapi juga sebagai tameng bagi keluarganya. Ya, memang untuk melindungi keluarga yang kita cintai memang tugas seluruh anggota keluarga, namun, sebagai seorang ayah itu merupakan tanggung jawab dan kewajiban yang paling utama untuknya.

Guru

(sumber: stocksy.com)

Ayah sebagai panutan keluarga. Sebagai role model yang memberikan contoh kepada anak-anaknya, sosok ayah juga bisa menjadi seorang guru yang mengajarkan banyak hal dari mulai pendidikan hingga pelajaran kehidupan kepada keluarganya.

Teman bermain & curhat

(sumber: pexels.com)

Boys will always be boys, seorang ayah tidak ada yang tidak suka bermain bersama anak-anaknya, meski ia sudah tua sekalipun karena jiwanya pasti akan tetap muda. Baik anak laki-laki maupun perempuan, seorang ayah bisa menjadi teman yang baik untuk anak-anaknya. Ayah adalah pendengar yang baik dan memberikan nasihat yang mengarahkan Anda pada suatu solusi. Ketika anaknya sedang memiliki masalah atau bosan, ayah dapat menjadi teman yang menemani anaknya hingga merasa lebih baik.

Membantu pekerjaan rumah tangga

(sumber: stocksy.com)

Tugas rumah tangga biasanya merupakan tugas seorang ibu rumah tangga, namun, bukan berarti para ayah tidak bisa melakukannya juga. Ketika hari Minggu atau hari liburnya, sosok ayah juga dapat diandalkan, loh dalam membantu mengerjakan pekerjaan rumah tangga, entah itu bersih-bersih ataupun membetulkan sesuatu. Pokoknya, tinggal serahkan saja pada ayah!

Nah, Anda sudah tahu bukan betapa pentingnya peran seorang ayah terhadap keluarganya? Kini saatnya ucapkan Selamat Hari Ayah kepada ayah Anda dan berikan yang terbaik untuknya selagi Anda masih memiliki kesempatan. Selamat Hari Ayah Nasional.

Latest News