Fakta & Asal Usul Hari Batik Nasional

3 years ago / 3092 Views

(sumber: Craftsy)

Mendengar kata ‘batik,’ tentu tidak ada satupun orang Indonesia yang tidak tahu budaya bangsa kita ini. Tetapi, Hari Batik Nasional? Nah, apa Anda sudah tahu hari penting ini? Ya, batik memang sudah menjadi budaya karya bangsa kita ini, membanggakan, bukan?

Selain menjadi karya bangsa, batik sendiri juga menjadi suatu identitas dan jati diri tanah air kita, loh. Keunikan batik yang indah membentuk karakter bangsa Indonesia yang membedakan kita dengan bangsa lain. Banyaknya pengrajin batik di berbagai daerah membuat batik memiliki banyak macam, seperti batik Jepara, batik Pekalongan, batik Yogyakarta, dan lain-lain. Namun, batik memiliki ciri khas tersendiri yang membuat siapapun menikmati pemandangan karya tersebut, langsung bisa mengenali inilah batik, budaya kami, Indonesia. Kerajinan batik dari masing-masing daerah inilah yang menunjukkan keberagaman kebudayaan bangsa Indonesia yang didekap erat oleh masyarakat kita sendiri.

(sumber: redbubble.com)

Sempat seperti yang kita ketahui, beberapa tahun lalu batik menjadi kasus pengakuan budaya dari negara lain. Sejak saat itu, batik telah diakui oleh UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009 dengan lama proses selama 4 bulan sebelumnya. Dan mulai hari tersebut, tanggal 2 Oktober ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional, dan batik Indonesia ditetapkan ada dalam daftar representatif warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non bendawi di Abu Dhabi Uni Emirat Arab.

Penetapan batik sebagai simbol, identitas, karya dan budaya bangsa Indonesia bertujuan untuk meningkatkan martabat bangsa dan citra positif Indonesia di forum internasional. Terbukti kan sekarang batik juga sudah mulai go international! Batik ini juga diakui sebagai warisan leluhur bangsa Indonesia untuk menumbuhkan kecintaan serta rasa banggsa masyarakat terhadap kebudayaan bangsanya.

(sumber: todayonline.com)

Ternyata, sejarahnya, batik pertama kali diperkenalkan kepada dunia oleh Presiden Soeharto ketika beliau menghadiri Konferensi PBB bersama negara lainnya. Nah, karena itu, sekarang banyak sekali tokoh-tokoh terkenal dunia yang pernah ikut mengenakan batik seperti Barack Obama, Bill Gates, Nelson Mandela, dan masih banyak lagi.

(sumber: dailymail)

Perayaan Hari Batik Nasional ini diadakan sebagai rasa syukur kepada hasil karya kesenian dan budaya bangsa Indonesia serta melestarikan budaya kebanggaan tanah air kita. Nah, sekarang, yuk, pakai batik di Hari Batik Nasional!

Latest News