Tips Tampil Profesional Agar Lolos Wawancara Kerja

3 years ago / 1292 Views

Bagi kebanyakan orang, wawancara kerja merupakan hal terpenting dalam kehidupan. Proses ini merupakan sebuah momen penentuan hidup, ke mana masa depan akan membawa Anda. Selain melihat kemampuan dan pengalaman Anda, kualitas Anda sebagai individu juga menjadi aspek yang krusial dalam tahap penerimaan kerja di sebuah perusahaan. Setiap hal kecil yang Anda lakukan akan sangat berpengaruh pada penilaian karena sikap dan perilaku Anda sama pentingnya dengan CV Anda. Ya, itu memang cukup membuat stres.

Mendengar kata wawancara kerja cukup membuat banyak orang merasa tercekam. Menurut banyak sumber, dipercaya bahwa kasus kegagalan saat wawancara kerja yang disebabkan karena sikap yang kurang profesional terus bertambah. Oleh karena itu, untuk meningkatkan peluang Anda agar diterima oleh suatu perusahaan, berikut adalah cara agar terlihat profesional saat wawancara kerja.

Datang tepat waktu

(sumber: thecenterofattentionforad.com)

Kehadiran Anda lebih awal menunjukkan bahwa Anda serius dan tertarik dengan pekerjaan yang Anda lamar. Jika Anda telat, itu menunjukkan Anda adalah orang yang buruk dalam memanfaatkan waktu, karena waktu merupakan sumber daya yang paling penting dalam setiap perusahaan. Untuk menghindari terjadinya hal ini, coba berangkat lebih awal dari estimasi waktu yang diperlukan dan ketahui lokasi pasti di mana wawancara akan berlangsung; jika mungkin, Anda dapat melakukan survey tempat terlebih dahulu beberapa hari sebelum wawancara berlangsung.

Berpakaian yang sepantasnya

(sumber: integrativestaffing.com)

Penampilan Anda adalah kesan pertama bagi pewawancara. Cara Anda berpakaian mencerminkan kepribadian Anda. Berpakaianlah sesuai dengan pekerjaan yang ingin Anda dapatkan serta pastikan Anda mengenakan pakaian yang sopan dan nyaman agar terlihat percaya diri karena itu merupakan bagian dari profesionalitas. Hindari juga mengenakan aksesoris dan parfum yang berlebihan.

Gunakan juga bahasa tubuh

(sumber: arpa.blogfa.com)

Selain berkomunikasi dengan berbicara, tubuh Andapun perlu ikut berbicara. Komunikasi juga bisa dalam bentuk eye-contact juga gesture tangan dan tubuh. Biasanya, gerak tubuh menggambarkan apa yang ada di dalam pikiran Anda. Tetapi jangan khawatir, bahasa tubuh juga dapat dilatih agar sikap profesional dapat tercermin pada diri Anda. Pertahankan eye-contact pada lawan bicara disertakan dengan posisi tubuh yang tegak, dan gerakan tangan Anda saat menjelaskan sesuatu; tunjukkan bahwa Anda tertarik dan jangan tunjukkan kegugupan Anda.

Lakukan penelitian terlebih dahulu

(sumber: liverpool.ac.uk)

Sebelum melakukan wawancara, lakukan penelitian tentang perusahaan terlebih dahulu. Anda harus mengetahui secara garis besar perusahaan apa tempat Anda melamar ini dan alasan mengapa Anda memilih perusahaan ini. Ketika Anda bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan mengenai perusahaan, Anda akan mendapatkan nilai lebih karena Anda sudah siap dan menunjukkan keseriusan dalam melamar pekerjaan ini.

Percaya diri dan ketahui diri Anda

(sumber: lifehack.org)

Sikap percaya diri membuat diri Anda terlihat dapat diandalkan, tetapi jangan sampai berlebihan, kuncinya adalah bersikap jujur. Anda harus jujur dengan apa yang Anda katakan, jangan berkata bisa padahal Anda belum tentu bisa melakukannya, itu hanya akan membawa diri Anda pada masalah. Ketahui juga batas kemampuan dan seperti apa diri Anda karena hanya Anda yang mengetahui diri Anda sepenuhnya. Contohnya, ketika Anda ditanya tentang pengalaman Anda bekerja di tempat sebelumnya atau kemampuan Anda secara detail, Anda harus bisa menjelaskannya dengan yakin dan yang sebenar-benarnya karena ketika Anda sudah mengatakannya, Anda tidak dapat menariknya lagi.

Latest News