Rahasia Mengapa Es Krim Turki Tidak Meleleh

3 years ago / 14257 Views

Kapan lagi dikerjai oleh penjual es krim tapi malah lucu dan bikin senang? Ya! Pasti Anda sudah bisa menebaknya, bukan? Apalagi kalau bukan es krim Turki / es krim Dondurma! Es krim ini cukup terkenal di seluruh dunia akan atraksi dari penjualnya yang unik, hebat, dan ajaib. Biasanya saat kita membeli es krim, penjual akan segera membuatnya dan memberikannya kepada kita. Tetapi es krim Turki berbeda, mereka akan memperlihatkan suatu atraksi yang cukup membuat jengkel para pembeli, namun sekaligus menghibur. Atraksi inipun membuat para pengunjung lain ikut terhibur dan ingin ikut dikerjai oleh si pedagang es krim Turki.

Siapa sih di dunia ini yang tidak suka dengan es krim? Semua orang suka es krim. Es krim adalah teman yang paling cocok ketika sedang cuaca panas ataupun ketika suasana hati sedang kacau.  Tidak seperti es krim lainnya, es krim Turki memiliki rasa dan tekstur yang berbeda. Rasanya biasanya terdiri dari rasa dasar seperti coklat, vanila, stroberi, dan coklat, tetapi yang bikin berbeda adalah rasa susunya yang lebih dominan dibanding es krim lainnya yang lebih dominan rasa manisnya. Setelah itu, teksturnya sangatlah unik yaitu lembut dan chewy. Sudah bisa membayangkannya, kan, betapa uniknya es krim satu ini.

(sumber: flickr.com)

Salah satu atraksi yang membuat terheran-heran banyak pembelinya yaitu atraksi es krimnya yang tidak bisa jatuh bahkan meleleh. Penjual akan mengangkat gumpalan es krimnya tinggi-tinggi ke cone pembeli kemudian menariknya lagi, tanpa ada satu tetesanpun yang terjatuh dari es krim tersebut. Jika Anda belum pernah mencobanya, pasti Anda terheran-heran, kan? Nah, sekarang mari kita ungkap bagaimana es krim tersebut bisa seajaib itu.

Es krim Dondurma memiliki tekstur yang padat, kuat dan elastis sehingga bisa diangkat dan digantung begitu saja. Seperti yang dilansir dari tempo.co, penjual bisa mengangkat gumpalan es krim seberat 8-10 kg secara terbaik, tanpa jatuh atau menetes sedikitpun, dan selama 6-7 detik. Jadi, semua atraksi itu juga memiliki perhitungan tersendiri yang tidak mudah, lho!

Es krim ini dapat bertahan agar tetap padat selama 15 menit dan akan mulai mencair pada menit ke 5. Tetapi tenang saja, es krim akan tetap keep in shape, kok. Ada 3 rahasia lagi dari es krim lucu ini, yaitu 2 bahan pembuatan yang paling penting dan tidak boleh dilewatkan. Pertama yaitu dilarang menambahkan air, cukup dengan susu kambing / sapi saja, dan ada resep rahasia bubuk salep, bubuk yang terbuat dari akar enggrek liar. Bahan asli Turki inilah yang membuat es krim terasa begitu padat, chewy, elastis, dan tidak gampang meleleh. Dan yang terakhir, es krim ini harus terus diaduk dan dipukul dengan sendok besi khusus yang panjang dan pipih dengan berat 1,5 kg, alat ini disebut dengan kasik. Sudah cara penyajiannya unik, tricky, ternyata juga memerlukan tenaga yang kuat, ya untuk menyajikannya.

Latest News