Must-try! Korean Street Food yang Sering Muncul di Drama

2 years ago / 3046 Views

Ketika Anda menonton drama, apa saja sih yang menarik perhatian Anda selain ceritanya? Pemainnya? Lagunya? Fashionnya? Atau makanannya? Jika Anda penggemar drama Korea, pasti sulit untuk memilihnya karena semua yang ada di sana sangat menarik!

Dalam drama Korea, pasti sering sekali Anda menemukan adegan sedang makan, apalagi ketika seseorang sedang bertemu temannya atau kenalannya, pasti mereka akan menanyakan “Anda sudah makan belum?” Jangan bingung, karena itu merupakan salah satu budaya mereka. Unik, bukan?

Nah, selain kimchi dan makanan-makanan menggiurkan lainnya, yang paling terkenal dan hampir selalu ada di seluruh drama Korea adalah Korean street food atau jajanan pinggir jalannya. Selain harganya terjangkau, jajanan ini juga sangat unik dan berbeda dari jajanan negara manapun. Bahkan jajanan ini sudah menjadi ciri khas dari drama Korea, loh. Penasaran apa saja rekomendasi jajanan pinggir jalan yang paling enak ala drama Korea?

Tteokbokki

(sumber: kapanlagi.com)

Para penggemar Korea tidak mungkin tidak tahu jajanan terkenal yang satu ini. Tteokbokki ini sering sekali muncul di banyak drama Korea, salah satunya adalah drama Twenty Again.

Tteokbokki adalah kue beras dan kue ikan yang disiram dengan saus ala Korea. Kue beras ini jika di Indonesia, memang agak mirip dengan lontong, tetapi teksturnya lebih halus dan padat serta lebih kenyal.

Untuk sebagian orang yang tidak suka pedas sama sekali, mungkin tteobokki ini akan sedikit terasa pedas walaupun Anda memesannya dalam rasa yang tidak pedas. Kok bisa? Ya, karena kebanyakan orang Korea menyukai pedas, sehingga banyak saus bumbu Korea yang terasa lumayan pedas bagi yang bukan penggemar rasa pedas.

Kalau Anda ke Korea dan tidak makan tteokbokki, pasti rasanya ada yang kurang, deh!

Fish cake Soup / Odeng

(sumber: pinterest)

Fish cake soup atau dalam bahasa Korea disebut “odeng” ini pasti sangat tidak asing bagi para penggemar drama Korea. Odeng sering sekali muncul di drama hingga variety show. Salah satu drama yang pernah menayangkannya adalah drama Weightlifting Fairy Kim Bok Joo. Odeng ini adalah kue ikan yang disajikan dalam bentuk sate dan direbus.

Jika Anda menontonnya di drama-drama, biasanya odeng ini paling nikmat dimakan ketika malam hari atau ketika hujan, wah bayangkan akan betapa hangatnya tubuh Anda.  

Fish-shaped Bread / Bungeo-ppang

(sumber: twitter.com)

Kue kecil berbentuk ikan ini tidak jauh berbeda dengan waffle, tetapi yang membuat unik adalah bentuknya yang sangat out of the box. Kue ini biasanya berisi pasta/selai kacang merah, ubi manis, coklat, atau juga krim aneka rasa. Anak-anak sekolahan di Korea biasanya sangat suka jajan ini ketika mereka pulang sekolah apalagi disantap ketika masih hangat saat musim dingin, wah pasti rasanya seperti lagi main drama Korea betulan! Sampai Jun Ji Hyun di drama The Legend of the Blue Sea juga suka, lho. Percaya atau tidak, ternyata bungeoppang ini katanya dapat membawa keberuntungan, loh bagi yang memakannya. Kalau Anda percaya atau tidak?

Sweet Pancake / Hotteok

(sumber: dramabeans)

Anda bosan makan pancake? Kalau pancake yang satu ini pasti dijamin tidak akan bosan, deh! Hotteok adalah kue seperti pancake dengan isi sirup gula merah dan biasanya dicampur dengan kacang. Kue ini tidak lain dan tidak bukan sangat terkenal dengan rasanya yang manis dan sulit terlupakan. Hotteok ini juga merupakan jajanan khas Korea dan sempat muncul di drama Shopaholic King Louis, loh.  

Dragon Beard Candy/Kkultarae

(sumber: perutgendut.com)

Permen jenggot naga? Wow, mendengar namanya saja sudah sangat menarik, bukan? Jajanan ini jika dibayangkan memang bentuknya mirip seperti jenggot naga karna bentuknya yang super tipis dan berwarna putih salju. Jajanan ini sesungguhnya adalah gulali yang berasal dari Cina. Dan proses pembuatannya sendiri merupakan seni tradisional mereka.

Tapi siapa sangka ternyata permen ini terbuat dari madu yang dicampur dengan malt kemudian distretch atau ditarik hingga dipercaya menjadi 16.000 helai! Gulali ini biasanya berisi kacang yang dihancurkan atau ada juga yang berisi coklat. Selain itu, ciri khas lain dari jajanan ini yaitu para penjualnya yang biasanya menyanyi-nyanyi sambil melakukan atraksi pembuatan kkultarae tersebut. Unik sekali, bukan?

Jangan ngiler dulu ya, karena masih ada lagi jajanan yang lebih unik dan menggiurkan lainnya!

Tornado potato / hweori gamja

(sumber: blog.misteraladin.com)

Kentang goreng bentuk lurus atau keriting? Sudah biasa! Di Korea ada kentang goreng yang berbentuk seperti tornado dengan cara ditusuk, jadi Anda bisa memakannya seperti makan sate. Kentang goreng ini banyak dijual di pinggir jalan dengan harga yang murah di sana. Kentang goreng ini juga rasanya crispy, loh seperti kentang goreng pada umumnya. Tetapi yang bikin uniknya adalah pengalaman memakannya dan bumbu spesial pada kentang tersebut yang membuat Anda akan rindu pergi ke Korea lagi.

Sundae

(sumber: helloseoulwithabby.com)

(sumber: 90daykorean.com)

Mendengar kata sundae apa yang ada di pikiran Anda? Apakah itu es krim dengan topping coklat di atasnya? No! Jangan kaget, di Korea, sundae adalah blood sausage atau sosis darah yang terbuat dari campuran usus lembu atau babi yang kemudian dicampur jadi satu dengan bumbu dan bahan lainnya. Sangat jauh berbeda dari yang kita bayangkan, bukan?

Sundae ini banyak ditemukan di pinggir jalan negara Korea. Biasanya mereka membuka food stall seperti jajanan pinggir jalan lainnya. Seperti dalam drama “Fight for My way,” salah satu karakternya yang menjadi peran seorang pelatih membuka food truck sundae di pinggir jalan.

Ya, tidak heran, memang banyak orang menganggap makanan ini cukup menyeramkan karena dari bahan yang terdengar cukup ekstrim. Tapi bukan hanya Anda kok. Bahkan banyak orang Korea sendiri yang juga tidak begitu menyukai makanan ini karena penampilannya. Nah, Anda berani coba?

Deep fried giant squid / ojingeo twigim

(sumber: pinterest)

Cumi goreng tepung sih memang sudah biasa, tapi kalau cara makannya bulat-bulat seperti ini apa masih biasa? Rasanya memang kurang lebih tidak jauh seperti cumi goreng tepung yang biasa Anda makan, tetapi pengalamannya yang luar biasa karena cumi ini masih benar-benar berbentuk cumi yang ditusuk seperti sate. Dan pastinya, ojingeo twigim ini digoreng dengan bumbunya yang khas ala bumbu gorengan Korea yang mendominasi rasa deep fried giant squid ini. Anda bisa merasakan 2 sensasi ketika makan cumi goreng ini, yaitu sensasi garing sekaligus kenyal seperti Anda biasa makan cumi, namun dalam ukuran yang lebih besar dan menantang.

Latest News